Bahaya Rokok


Hampir semua orang mengetahui tentang bahaya rokok baik bagi diri sendiri (si perokok) maupun bagi orang lain (perokok pasif) yang berada di sekitar perokok. Bahkan si perokok pun sebenarnya sadar dan tahu tentang bahaya rokok, cuma entah kenapa si perokok tetap mempertahankan gaya hidup tidak sehat ini.

Ingin dianggap jantan, mengikuti gaya hidup, mengurangi stress, sudah kecanduan, sebagai sarana refresing, itulah beberapa alasan yang biasa dipakai oleh perokok untuk mempertahankan kebiasaan buruknya. Padahal di setiap bungkus rokok sudah ada peringatan yang jelas tentang bahaya rokok

Merokok Dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi, dan Gangguan Kehamilan dan Janin.

Dalam sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 zat dan 2000 diantaranya mempunyai dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) dan banyak lagi lainnya.

Zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, inilah mengapa peroko sulit menghentikan kebiasaan buruknya. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok.

Peringatan bahaya rokok yang tercantum di bungkus rokok hanya sebagian kecil bahaya dari rokok, sebagian lain diantaranya:

  1. Bermacam-macam kanker (Kanker mulut, Kanker Esofagus, Kanker tekak, Kanker pankreas, Kanker payudara, Kanker paru-paru dll)
  2. Penyakit saluran pernafasan kronik
  3. Strook
  4. Penyakit jantung
  5. Kemandulan
  6. Melahirkan bayi yang cacat
  7. Keguguran bayi
  8. Bronkitis
  9. Batuk
  10. dan lain sebagainya.

Dengan begitu banyaknya bahaya rokok bagi kesehatan kita apakah masih tetap membuat anda mempertahankan kebiasaan buruk anda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s