Jalan Cepat Hindarkan Flu


OLAHRAGA merupakan salah satu kunci menjauhkan flu dari Anda. Menurut David Nieman, seorang perwakilan dari American College of Sports Medicine, studi-studi telah menunjukkan kalau mereka yang olahraga paling tidak selama 45 menit 4 hari atau lebih, akan lebih sering fit bekerja atau 25-50% lebih rendah tidak masuk kantor karena sakit.  Tentu saja tidak perlu dengan olahraga yang berat. Salah satu cara yang paling sederhana adalah jalan cepat.

“Pengurangan penyakit ini jauh lebih besar dibandingkan pengurangan yang ditawarkan pil atau obat,” terang Nieman, seperti dikutip situs healthday. “Untuk mencegah flu, yang Anda perlukan hanyalah sepasang sepatu dan kemudian berjalanlah!”

Tapi, bagaimana jika Anda sudah terserang flu? Perlukah berolahraga? Berikut saran-saran dari Nieman:

Jika flu sudah menyerang kepala tetapi belum menyerang dan menimbulkan rasa sakit di dada, Anda tetap bebas berolahraga.

Jangan terlalu memaksakan diri. Artinya Anda tidak perlu berlari, cukup jalan kaki saja. Belum ada studi yang menyebutkan kalau olahraga menyebabkan flu memburuk.

Jika Anda mengalami gejala-gejala selain masalah hidung mampat dan hidung meler, tetaplah di tempat tidur. Saran ini berlaku jika flu sudah menyerang dada, jika Anda mengalami sakit kepala kronis atau jika Anda demam.

Tidak perlu tergesa-gesa memulai olag raga. Pemulihan memerlukan waktu. Istirahatlah selama beberapa minggu sebelum mulai berolahraga lagi.

Selain itu, Nieman menawarkan saran yang lain.”Berolahragalah sebelum terserang flu, penelitian sudah menunjukkan kalau aktivitas fisik tingkat sedang akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s