Manfaat Air Putih


Tidak bisa dipungkiri bahwa air merupakan zat yang vital dibutuhkan oleh tubuh kita, 80% dari tubuh kita terdiri dari air, bahkan ada organ tubuh kita yang terdiri lebih dari 80% air, otak terdiri dari 90% dan darah terdiri dari 95% air. Sayangnya air tidak bisa diproduksi di dalam tubuh kita, oleh karena itu tubuh harus mendapat asupan air dari luar untuk menjaga metabolisme tubuh supaya tidak terganggu.

Begitu banyak manfaat air putih bagi tubuh kita, sehingga kita harus menjaga kadar air yang ada di dalam tubuh kita dengan mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Beberapa manfaat air putih bagi tubuh kita antara lain:

1. Membantu memperlancar sistem pencernaan kita

Proses pencernaan dalam tubuh kita akan sangat terbantu oleh air yang masuk ke dalam tubuh kita, sehingga masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dapat dihindarkan.

2. Air putih bisa membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat pemicu kanker dan mencegah munculnya penyakit batu ginjal dan hati serta air putih membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan kulit

Untuk memperoleh kulit yang cantik, haruslah dirawat baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Perawatan dari luar dengan selalu menjaga kebersihan kulit dan menjaga kelembabannya. Sedangkan perawatan dariย  dalam salah satunya di peroleh dari air yang kita konsumsi. Apabila kita kurang dalam mengkonsumsi air, maka tubuh akan menyerap air yang ada di dalam kulit sehingga kulit akan kering dan berkerut. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga asupan air yang masuk ke dalam tubuh kita.

4. Memperingan kerja ginjal (Menyehatkan ginjal)

Ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring zat-zat yang sudah tidak terpakai oleh tubuh yang disaring melalui darah. Kekurangan air pada darah akan membuat darah mengental dan akan membuat kerja ginjal akan semakin berat karena harus menyaring darah kental, dalam waktu yang lama akan menimbulkan kerusakan pada organ ginjal kita.

5. Meningkatkan daya kerja otak

Sel-sel otak merupakan salah satu bagian tubuh yang membutuhkan makanan dan oksigen dalam jumlah yang besar, dimana makanan tersebut datang melalui darah. Dengan kondisi darah yang kental akibat kekurangan air akan mengakibatkan sel-sel otak tidak mendapatkan asupan makanan dan oksigen secara optimal dan hal ini akan menurunkan daya kerja otak. Dan sebaliknya jika darah mengalir lancar ke otak maka asupan makanan dan oksigen ke otak akan semakin optimal juga dan ini akan meningkatkan daya kerja otak kita.

Berapa sih kebutuhan tubuh kita akan air per hari? Air yang keluar dari tubuh kita dalam bentuk air seni dan keringat bisa mencapai 1 liter per hari, belum air yang keluar lewat proses pernafasan. Para ahli menyarankan bahwa asupan air ke dalam tubuh kita minimal 2 liter perhari, apabila anda termasuk orang yang sering berkeringan maka kebutuhan akan air akan lebih dari 2 liter.

Dengan begitu banyaknya manfaat air putih bagi kesehatan kita, tidak ada salahnya kita selalu menjaga asupan air yang masuk ke dalam tubuh kita demi kesehatan kita sendiri. Jangan minum sebelum rasa haus muncul merupakan kebiasaan yang salah, karena rasa haus merupakan tanda bahwa tubuh kita sudah kekurangan air.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s